News

 

Below you can find some articles and news regarding infrastructure related news and updates all around Indonesia.

Proyek Infrastruktur Motor PDB 2014

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah akan lebih ekspansif pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pada 2014. Terutama pada belanja infrastruktur.

Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan belanja infrastruktur pada tahun depan merupakan perioritas pemerintah saat ini.

"APBN 2014 akan lebih ekspansif lagi misalkan belanja infrastruktur lebih besar," ujar Hatta di Jakarta, Sabtu (28/12/2013).

Belanja infrastruktur berdasarkan data Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan sebesar Rp190 triliun. 

Secara umum Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan APBN 2014 dengan pokok-pokoknya yaitu, pertama, asumsi dasar makro untuk pertumbuhan ekonomi sebesar 6,0%, inflasi 5,5%, nilai tukar Rp10,500/ dolar, ICP sebesar US$105 per barel.

Kedua, pendapatan negara disepakati Rp1.667,1 triliun, ketiga, belanja negara Rp1.842,5 triliun, keempat, belanja K/L Rp637,8 triliun dan kelima, defisit anggaran 1,69% terhadap PDB.

Mengenai evaluasi APBNP 2013, Hatta belum bisa mengatakan secara jelas. Sebab saat ini pelaksanaan APBNP 2013 masih berjalan. "Belum kita bahas karena belum tutup buku," jelas Hatta.

Sementara itu pengamat Institute for Development Economy and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati, mengatakan pemerintah harus memfungsikan APBN 2014 dengan baik. "Kita kembali ke nature apa fungsi utama APBN, yaitu mendorong stimulus fiskal agar efektif secara jangka panjang," jelas Enny kepada INILAH.COM.

Enny mengatakan APBN haruslah sehat agar APBN dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. "APBN dibuat bukan untuk jangka pendek saja tapi ke depan harus ada efek," katanya.

Jika APBN berasal dari utang, menurut Direktur Penyusunan Anggaran Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan, Purwiyanto mengatakan akan mengarahkan pada pemanfaatan utang yang produktif. "Mengupayakan pemanfaatan utang untuk kegiatan produkktif dengan penerbitan sukuk berbasis proyek," jelasnya. [hid]

Source : Inilah.com